This is my personal blog containing my thoughts, artworks and my favorite things, wish i can share something positive

Tuesday, July 30, 2013

Hijab Fashion Indonesia


Sejarah hijab di Nusantara diperkirakan telah ada sekitar tahun 1400 M atau 15 abad yang lalu. Sulthanah Sri Ratu Nihrasyiah Rawangsa Khadiyu yang memerintah kerajaan Samudra Pasai hingga tahun 1427 M, Sulthanah Sri Ratu Safiatuddin Tajul Alam Shah Johan Berdaulat yang memerintah Kerajaan Aceh Darussalam (1641-1675 M) dan Sulthanah Sri Ratu Zakiatuddin Inayat Syah (1678-1688 M) sudah berjilbab, meski jilbab mereka terlihat masih belum sempurna dan masih berupa selendang atau kain yang dijadikan sebagai kerudung. (thisisgender.com)

Perlahan tapi pasti pada masa tahun 1990-an wanita berkerudung dan berbusana muslimah mendapatkan tempat di dunia fashion Indonesia dengan mulai hadirnya pelaku fashion yang mendesain dan memproduksi baju khusus kaum muslimah yang selain mengikuti syariat agama tapi juga mengikuti mode. Diikuti kemudian lahirnya brand-brand lain sehingga banyak bermunculan produk busana muslimah dengan desain yang modern dan punya nilai estetika yang baik, sehingga mulai digemari dan bisa mendorong muslimah untuk berbusana sesuai dengan identitasnya sebagai seorang muslim. (elzatta.com)

Ketika negara lain memperingati hari Hijab dengan long march, di Indonesia, para muslimah justru membuat perubahan baru dalam budaya berhijab di Indonesia. Para muslimah yang getol dengan dunia fashion merasa perlu mengangkat “martabat” hijab di mata dunia yang selama ini selalu diasosiasikan sebagai simbol keterkungkungan perempuan dalam tradisi kuno. Sebut saja Hijabers Community, komunitas yang terjalin pada tahun 2010 itu menjadi tonggak baru dalam perubahan model hijab muslimah di Indonesia. (suaramerdeka.com)

Pada tahun 2010 Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) mulai diselenggarakan. Tahun 2013 IIFF memasuki tahun ke-4, dan sebagai pilar utama road map menuju Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia. IIFF 2013 mengusung tema “Style Unlimited”, untuk merayakan keberagaman material, detail dan styling busana muslim Indonesia. Karena kekuatan keragaman dan kreativitas inilah yang membawa busana muslim Indonesia mendapat apresiasi dari dunia internasional. (fashionesedaily.com)

Pada tahun 2011 ajang pemilihan World Muslimah Beauty (WMB) mulai diselenggarakan dan terpilihlah Dika Restyani, WMB punya tujuan sederhana untuk menjadi inspirasi bagi perempuan muda Indonesia. Namun ternyata juga berpotensi menjadi inspirasi bagi dunia, bahwa negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia ini punya cara kreatif untuk mempromosikan budaya muslim yang dapat menjadi pilihan gaya hidup bagi seluruh warga dunia. Bukan semata menginspirasi gaya busana, namun juga gaya hidupnya, dengan cara kreatif sesuai zaman. World Muslimah Beauty yang telah dibangun sejak tahun 2011, merupakan inovasi dari Indonesia untuk dunia, bahkan negara Timur Tengah belum memulai ini, tapi Indonesia sudah memulainya. (kompas.com)

Pada ajang International Fair of the Muslim World yang baru pertamakali diselenggarakan, berlokasi di Le Bourget Exhibition Center Paris pada 18 Desember 2011, 13 top Desainer Indonesia memamerkan karyanya dan mendapat sambutan hangat dari 100.000 pengunjung dari berbagai negara. Dalam siaran pers yang dilansir Union des Musulmans de France (Perkumpulan Muslim Perancis) disebutkan bahwa keberadaan Indonesia adalah sebagai negara kehormatan (L’Indonesie Pays D’Honneur). Ini merupakan salah satu pengakuan bahwa Indonesia memang pantas dijuluki kiblat busana muslim dunia. (wolipop.com)