This is my personal blog containing my thoughts, artworks and my favorite things, wish i can share something positive

Friday, October 19, 2012

Ornamen Nusantara


Berhubung ini adalah edisi belajar tentang kebudayaan, maka saya berusaha mencari referensi yang memuat fakta sejarah. Setelah mencari di Google akhirnya saya bertemu situs tembi.net yang memuat ulasan artikel tentang buku yang mengkaji "Ornament Nusantara" dan inilah sekilas isi artikel tersebut:

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa memiliki kekayaan ornamen yang terdapat pada bermacam benda produk. Misalnya pada tenun, sulaman, anyaman, ukiran, arsitektur, dan sebagainya. Ornamen Nusantara terdapat pada bermacam bentuk ornamen yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada umumnya bersifat tradisional yang pada setiap daerah memiliki ciri khas dan keragaman masing-masing. Disamping perbedaan-perbedaan bentuk terdapat pula persamaan-persamaan, misal jenis motif ornamen, pola susunan, pewarnaan, bahkan nilai simbolisnya. Perkembangan ornamen Nusantara ini selaras dengan kemajuan dan pertumbuhan kebudayaan Indonesia yang melatarbelakangi.

Jenis-jenis ornamen Nusantara berdasarkan motif hiasnya dapat dikelompokkan menjadi motif geometris, motif manusia, motif binatang, motif tumbuh-tumbuhan, motif benda-benda alam, motif benda-benda teknologis, dan kaligrafi. Dari segi perkembangan historis terdapat ornamen prasejarah, tradisional, klasik atau kerakyatan pengaruh Hindu, Budha, Islam, Kolonial, dan lain-lain. Dari segi kekhususan motif hias atau langgam yang berlatar belakang kedaerahan atau kesukuan ada motif Jawa, Bali, Kalimantan, dan lain-lain. Dari segi gaya bentuknya ada motif bergaya realis, dekoratif, dan abstrak.

Pembahasan lebih lanjut tentang jenis motif ornamen nusantara silahkan lihat pada link berikut: Ornamen Nusantara