This is my personal blog containing my thoughts, artworks and my favorite things, wish i can share something positive

Sunday, October 27, 2013

Simple Things to Remove Your Stress

Stres adalah sesuatu yang manusiawi yang disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena jenuh dan cemas berlebihan. Anda harus tetap mencari solusi positif untuk menghilangkan faktor stres yang anda alami dan menyelesaikan masalah tersebut dengan tetap optimis dan percaya pada pertolongan Tuhan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang biasanya saya lakukan untuk menghilangkan stres. Enjoy and good luck!

Watch Inspiring Movies
Dengan menonton film yang inspiratif, anda akan terbawa atmosfer atau suasana dalam cerita film tersebut yang otomatis juga akan mempengaruhi mood dan cara berpikir anda. Pilih film yang anda sukai dan dengan cerita yang akan membangkitkan optimisme dan semangat hidup dalam diri anda. Misalnya film Cinderella Man, IP Man, Vertical Limit, dan sebagainya. Hindari film bad ending atau yang akan membuat pikiran anda bertambah cemas dan down.

Walking Around Town
Banyak cara agar anda bisa jalan-jalan keliling kota, diantaranya dengan sepeda motor, mobil, angkutan umum seperti trans/MRT, atau bahkan sepeda. Dengan syarat anda harus focus pada rute anda, atau traffic lalulintas di sekitar anda. Jika anda tidak bisa focus atau kurang sehat, sebaiknya anda tetap di rumah saja. Atau bisa juga cukup di sekitar rumah atau lingkungan tempat tinggal.

Coming to Bookstores
Bagi yang suka koleksi buku dan membaca buku, tentu hal ini adalah sesuatu yang menyenangkan. Meskipun nantinya anda tidak akan membeli buku di sana, namun akan menjadi lebih baik jika anda dapat menemukan atau membeli buku favorit anda. Dengan cukup melihat buku-buku yang dipajang di rak buku sekaligus bertemu dengan orang-orang yang akan mencari atau mungkin juga sekedar melihat-lihat buku, akan membuat suasana lebih baik.

Listening Music
Dengan mendengarkan music otomatis anda akan terbawa suasana alunan nada dan lyric lagu yang anda dengarkan. Pilih genre music yang anda sukai entah itu music classic, tradisional, reggae, pop, hip-hop, rock, atau metal. Akan lebih baik jika anda memilih lyric lagu yang bertema positif, sehingga anda akan tetap berpikir positif. Jika anda mau mendengarkan lagu religi tentu akan menjadi lebih baik lagi. Hindari lyric lagu yang bernuansa negatif yang akan membuat pikiran anda bertambah cemas dan down.

Download Positive Things
Download apa saja yang anda sukai di internet, selama itu tidak melanggar hukum. Misalnya download mp3, movie, software, game, ebook, atau apapun itu. Kadang kegiatan mendownload lebih menyenangkan daripada menginstal hasil download. Hindari download hal-hal yang melanggar norma dan hukum agama, karena otomatis akan menjadikan perasaan anda tidak tenang. Pilih koneksi yang cepat, karena proses loading download yang lambat akan membuat anda tambah stres. Namun hal itu bagus untuk melatih kesabaran dalam mengelola emosi dan ego diri anda.

Writing Diary Books
Bagi anda yang suka menulis, kegiatan ini cukup efektif untuk menghilangkan stres. Hal ini sama saja dengan mencurahkan isi hati anda pada seseorang, entah orang itu peduli atau tidak. Cuma saja kali ini anda bebas mengucapkan dalam bentuk tulisan apapun yang anda mau tanpa harus orang lain tau apa yang anda pikirkan. Buku diary juga bagus untuk sarana introspeksi diri dengan cara membaca tulisan atau catatan anda yang telah lalu.