This is my personal blog containing my thoughts, artworks and my favorite things, wish i can share something positive

Saturday, November 23, 2013

Wayang Indonesia



Berhubung ini adalah edisi belajar tentang kebudayaan, maka saya berusaha mencari referensi yang memuat fakta sejarah. Setelah mencari di Google akhirnya saya bertemu wayangpedia.com yang memuat ulasan artikel tentang "Sejarah Wayang" dan inilah sekilas isi artikel tersebut:

Wayang berasal dari kata 'Ma Hyang' yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna 'bayangan', hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

Di Indonesia kesenian wayang sudah ada dan berkembang sejak sekitar tahun 1500 SM, jauh sebelum agama dan budaya dari luar masuk ke Indonesia. Selama abad X hingga XV, wayang berkembang dalam rangka ritual agama dan pendidikan kepada masyarakat. Pada masa itu telah mulai ditulis berbagai cerita wayang. Pada masa kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit kepustakaan wayang mencapai puncaknya. Selama berabad-abad budaya wayang di Indonesia berkembang menjadi beragam jenis, perkembangan jenis wayang ini dipengaruhi oleh budaya daerah setempat. Jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia ada puluhan jumlahnya, diantaranya yaitu:

Wayang Kulit Purwa
Wayang Kulit Bali
Wayang Gedog
Wayang Klitik
Wayang Golek
Wayang Beber
Wayang Orang

Perkembangan wayang semakin meningkat pada masa setelah kerajaan Demak, memasuki kerajaan-kerajaan jawa seperti Pajang, Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta. Banyak pujangga-pujangga yang menulis tentang cerita wayang dan menciptakan wayang-wayang baru. Para seniman wayang banyak membuat kreasi-kreasi yang kian memperkaya wayang.

Pembahasan lebih lanjut tentang wayang dan hal-hal yang berkaitan dengan wayang, silahkan lihat pada link berikut: Wayang Pedia