This is my personal blog containing my thoughts, artworks and my favorite things, wish i can share something positive

Sunday, September 21, 2014

Creative & Be Careful

Tulisan sederhana ini muncul dari hasil kontemplasi dan introspeksi diri sendiri sebagai advice atau nasihat untuk diri saya sendiri, ketika tuntutan untuk menjadi kreatif bertemu dengan tuntutan ekonomi. Kadang seorang dikatakan telah menjadi “kreatif” jika sudah bisa menjadikan kreatifitas yang berupa keahlian atau skill, sebagai suatu profesi atau pekerjaan yang menghasilkan uang atau penghasilan. Namun bisa juga dikatakan menjadi “kreatif” karena suatu tuntutan ekonomi atau tuntutan kehidupan yang membuat seseorang berpikir lebih cerdas, sehingga akan muncul problem solving yang kadang tidak umum atau tidak biasanya.

Itulah pengertian “kreatif” secara umum menurut saya. Namun apa jadinya jika kata “Creative" dan "Be Careful” diplesetkan? Maka akan bermakna sebagai berikut:

Cereactive
Berasal dari kata “creative” yang kemudian dipecah kedalam bahasa jawa “kere” yang artinya tidak punya uang atau miskin, dan digabung dengan bahasa inggris “active” yang artinya giat bekerja atau beraktifitas. Jadi jika kedua kata tersebut digabung menjadi “kere aktif” yang menurut saya akan bermakna seorang yang miskin tapi tetap aktif giat bekerja. Bisa juga bermakna seorang yang tetap aktif giat bekerja atau menghasilkan sesuatu meskipun hasilnya atau uang yang didapat tidak seberapa.

Be Cerefull
Berasal dari kata “Be careful” yang artinya berhati-hati. Atau bisa juga dari kata “Be care full” yang artinya menjadi penuh kepedulian. Kemudian dipecah kedalam bahasa jawa “kere” dan digabung dengan bahasa inggris “full” yang artinya penuh. Jadi jika kedua kata tersebut digabung menjadi “Be kere full” yang menurut saya akan bermakna seseorang yang akan menjadi benar-benar miskin. Bisa juga bermakna jadilah seorang yang sederhana.

Untuk selanjutnya silahkan anda cermati dan maknailah kedua makna kata yang telah diplesetkan tersebut sehingga akan memiliki makna yang lebih dalam, jangan sampai kedua kata tersebut tidak bermakna apapun bagi kita. Good luck!